Kamis, 10 April 2014

TugasS.H.s48_Topik 2
















Tugas  Topik  2 !!! 

Assalamu alaikum Wr.Wb

Name         :  “ Sitti  Halimah’tu  Sa’dyah ”
Assigment :  “ Topik  2 ”
From          :  “ Mrs. Timbul  Partdede ”

Tugas  Topik 2 !!!!!
v    Dalam  pembelajaran  system  PJJ,  terjadi  perubahan  mendasar  dalam paradigma pendidikan  dimana  pembelajaran  yang  tadinya  berpusat  pada pengajar  menjadi berpusat  pada  peserta  didik  (Brodjonegoro, 1999)  atau dari “ Teacher  Centre    Menjadi  Student  Centre “ !!!!
Jelaskanlah…!!!! 

Jawaban Topik 2!!!!!
v   Perubahan  paradigm   pendidikan  dimana  tadinya  pembelajaran    berpusat pada pengajar  menjadi  berpusat   pada  peserta  didik  (Brodjonegoro, 1999)  atau  dari “teacher  centre  menjadi  student  centre”  terjadi  dalam PJJ. 
    Dalam  pembelajaran  yang  berpusat  pada  pengajar  ( teacher  centre )  menjadi  peserta  didik  ( student  teacher ) . Hal  ini  dapat terjadi   tergantung  dari  fasilitas  pembelajran  yang  didapat, didalam  hal tersebut  akan terjadi  perubahan  pembelajran  yang lebih   baik  akan  menjadi  lebih  baik. Tetapi, Masing-masing  dari  pembelajaran  terdapat sisi negative dan positifnya.  Yang  dapat  diambil  dan dikkuti  dan  tidak  dapat  diambil  dan tidak dapat  dikuti.
Seperti  halnya  dalam  pembelajaran  yang  berpusat  pada pengajar  atau   ( teacher  centre ) . Telah  kita  ketahui  pengajar  yaitu  pasti  akan tahu segalanya dalam  pembelajaran  ,  tergantung  dari  fasilitas  pembelajaran  yang  tersedia.  Jika  pengajar  tidak  tahu  pembelajaran  yang  akan  diberikan  kepada  peserta  didik,  bukan  disebut  pengajar.  Disebut  pengajar  yaiut  seseorang  yang  memngajari  tentang  apa yang  pengajar  pegang  dalam  dunia pendidikannya. Pengajar  juga   memegang  besar  dalam  hal  proses  pembelajaran  atau  dalam  hal  mengajar . kualitas  dan kuantitas  fasilitas  sangat  terbatas   karena  hanya  satu   tujuan  yaitu  dari  pengajar  ke peserta  didik. Dalam  proses  pengajar, pada  suatu  tempat  atau  ruangan   biasanya  pengajar  menyampaikan  suatu   informasi, materi, ilmu, pengetahuan  dan  perintah  yang  diberikan  kepada  peserta  didik. Dengan  begitu,  pengajar  juga  tidak  dapat  lepas tangan  begitu  saja karena  pengajar  juga  harus  mengambil  peranannya  sebagai  fasilitator  semaksimal  mungkin. Dengan  begitu,  pengajar  juga  tidak  boleh  lepas  tangan  begitu  saja, pengajar  juga  harus  mengambil  peranannya fasilitator  yang  semaksimal  mungkin. Dengan  peserta  didik  yang  tidak  mempunyai  inisiatif  hendaknya  pengajar  dapat  mengambil  langkah  yang  tepat  dan  baik berguna untuk  berinteraksi  dengan  peserta  didik,  sehingga  peserta  didik  tidak  merasa  ditinggal  dan  dilepas  begitu  saja oleh  pengajar  tersebut. Dengan  inisiatif, Maka  pengajar  tidak  boleh  hanya  memberikan  materi  dan  tugas  saja  tapi  harus   berinteraksi  antara  peserta  didik  agar  peserta  didik  merasa  tidak  ditinggalkan dan  tersa  asing  dan  bingung dalam  materi tugas yang  diberikan  oleh  pengajar. Karena  berinteraksi  dengan  peserta  didik  itu  adalah  kebutuhan  dasar  setiap  manusia  atau  peserta  didik  yang  diajarkan  oleh  pengajar.

    Sedangkan,  dalam  pembelajaran  yang  berpusat   pada  peserta  didik ( student  centre ) . Yang  kita  ketahui,  peserta  didk  yang  ingin  tahu  dan  mencari  ilmu  dalam  dunia  pendidikan  ataupun  dalam  hal apapun, tetapi  terdapat  sisi  yang  negative  dan  positif .  Dalam  suatu  tempat  peserta  hanya  mendengarkan  dan  memeprhatikan  apa  yang  disampaikan  oleh  pengajar  tersebut. Kualitas  dan  kuantitas  fasilitas  peserta  didik  adalah  suatu  keharusan   dalam  proses  pembelajaran. Dengan  itu,  diharapakn  peserta  didik  dapat  menguasai   pelajaran  atau  ilmu  yang  diberikan  oleh  pengajar  dan   menguasai  berbagai  sumber  pembelajarannya  baik atau  positif. Disni   peran  seorang  pengajar  adalah  memberikan  peserta   didik    pelaharan  yang  baik, positif, bermanfaat, penting, dapat  menjadi  suatu  yang  bisa dibagi  kepada  yang  memerlukan  dan  dapat dihayati. Sedangkan  peserta  didik  hanya  menerima  apa yang disampaikan oleh pengajar, dan bersikap pasif. Hal ini dikarenakan  karena peserta  didik  kekurangan  referensi. Keadaan  ini  yang  mengakibatkan  paradigma pendidikan  berpusat  pada  pengajar. Pemerintah  telah  berusaha  menciptakan  proses  pembelajaran  dengan  melengkapi  sarana  dan  prasarana. Salah  satunya dalam  hal  IT  lebih  spesifiknya  internet. Dengan  adanya  internet ,  peserta didik  dapat  aktif  mengeksplor  pengetahuannya.  Tanpa  terbatas  dengan  waktu, jarak  dan  ruang  dimana  ilmu  itu  di-share.


Kesimpulannya   :
Dengan  perubahan  ini, Perubahan mendasar dalam paradigma pendidikan mengubah proses  pembelajaran  yang  sebelumnya berpusat  pada  pengajar  menjadi  berpusat  pada  peserta  didik. Hal ini dapat terlaksana  dengan  menekankan  ke  arah  fasilitas  pembelajaran. Jika  dalam  Pembelajaran  PJJ, telah  kita  ketahui  PJJ adala  Pembelajaran  Jarak  Jauh “ Teacher  centre  menjadi  Student  centre “. Sehingga   dalam  posisi  pengajar  tidak  akan  adanya  interaksi  antara  peserta  didik. Dengan  adanya  perubahan  pengajar  juga  tidak  boleh  melepaskan  tanggung  jawabnya  sebagai  pengajar  walaupun  telah  menjadi  “STUDENT  CENTRE” , tanggung  jawab  pengajar  itu  sangat  lah  penting  untuk  peserta  didiknya dan  kurangnnya  tatap  muka .Karena  dalam  dunia  pendidikan  pengajar  juga  sangat  lah  penting,  jika  tidak  ada pengajar maka  peserta  didik  tidak  akan  dapat  pengetahuan  dan  tidak ada  orang TAHU apa  itu  ILMU.  Semua  orang  didunia  ini  akan  BODOK  dan  TIDAK  TAHU  APA-APA.
“PENTINGNYA  PENGAJAR “

Terimah kasih  hanya  itu  yang  dapat  saya  jelaskan,  maaf  jika  ada  kata  yang  kurang  jelas, dan  sempurna,,,,,dan  maaf  jika  ada kata-kata yang  membingungkan
 :) :) :) !!!!!!!


SEMANGAT  S.H.s48!!!!

>>>>Salam  tim<<<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar