Kamis, 10 April 2014

Ujian AkhirS.Hs48_KDPJJ





Assalamu alaikum Wr.Wb
 
Full Name  : “ Sitti  Halimah’tu  Sa’dyah “

Dosen  : “ Mrs. Timbul Pardede “

“ Ujian Akhir KDPJJ ”


          >>>>>>>>>>>>>>>>SEMANGAT<<<<<<<<<<<<<<<
        Question….!!!!

1. Hampir sama dengan isitilah mana yang lebih dulu ayam atau telur. Dalam pemanfaatan TIK ada 2 aspek yang berperan penting: tools/media dan sumber daya manusia atau penggunanya.
“ Menurut Anda, mana yang lebih utama ”:
pengadaan media pembelajaran TIK dalam pembelajaran atau
peningkatan skill (Dosen/Guru) dalam memanfaatkan media pembelajaran TIK.

    ( Sebagai acuan: pada awalnya tidak ada yang sempurna atau learning by doing )

2. Peranan media pembelajaran sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran model PJJ.
“Apa sajakah kriteria yang dibutuhkan dari sebuah media pembelajaran agar             dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dalam PJJ” ?

3. Dalam model pembelajaran PJJ berbasis TIK seperti MOOC (Massive Open Online Course), seorang dosen dimungkinkan memiliki siswa 150 ribuan (Standfor dan MIT). Namun tingkat kelulusan peserta didiknya hanya sekitar 30 ribuan (kurang dari 50 %).
“ Apa saja faktor yang menurut Anda mempengaruhi rendahnya tingkat kelulusan tersebut dan jelaskanlah” ?


Jawaban Dibawah>>>!!!


Answer…!!!!

Answer  No. 1 :

1. Terlebih dahulu saya jelaskan satu persatu apa itu media dan apa itu dosen
        / guru ( pengajar ),,,,
*Media telah kita ketahui adalah alat komunikasi yang berfungsi untuk menyampaikan pesan kepada SDA nya yang memerlukan dan membutuhkannya,
*Dosen/ guru adaalah seperti halnya disebut dengan pengajar, telah kita ketahui pengajar adalah pasti  akan tahu segalanya dalam  pembelajaran, tergantung  dari  fasilitas  pembelajaran  yang  tersedia.Pengajar juga memgang hal besar dalam hal pembelajran, seperti halnya disuatu tempat atau ruangan pengajar biasanya menyampaikan suatu materi, informasi, membrikan suatu pengetahuan yang belum diketahui oleh peserta didik, dari itu dosen atau guru sangat l;ah penting sebelum melaksanakan PJJ.

KESIMPULANNYA :
Menurut saya : Semuanya sangat diutamakan untuk beriringan keberadaan dua statement di atas. Namun menurut pendapat saya, senadainya ini terjadi dalam PJJ, saya akan mementingkan media karena dalam PJJ yang terlebih dipenitngkan adalah media,karena media adalah sarana  utama yang digunakan dalam PJJ. Telah kita ketahui, PJJ adalah Pendidikan Jarak Jauh ,seperti yang saya lakukan sekarang menggunakan media komputer , edmodo dan lain-lain. Jika pada suatu daerah akan dirancangnya PJJ,,, yang akan terlebih dahulu adalah media, Hal tersebut digunakan sebagai modal awal untuk menjalankan sebuah gebrakan baru dalam pembelajaran. Jika media  maka akan kebutuhan akan mendorong  peningkatan  skill dosen atau guru dalam memanfaatkan media pembelajaran.

“ LEBIH UTAMA ADALAH MEDIA SETELAH ITU DEOSEN ATAU      GURU DALAM PJJ “

Answer No. 2 :

2. Criteria yang dibutuhkan dalam proses mengajar dengan PJJ :

> Tujuan Dilaksanakan PJJ
    Saya ambil kritteria ini karena pasti dalam melaksanakan PJJ dalam Mengajar pasti ada tujuan dilaksanakannnya mengajar dalam PJJ ,tujuannya adalah memudahkan untuk peserta didik dalam belajar,peserta didik akan merasa nyaman,tenang akan tanpanya pengawasan dari dosen dan lain-lain. 

> Sasaran didik
     Apabila kita mengabaikan kriteria ini, maka media yang kita pilih atau kita buat tentu tak akan banyak gunanya. Mengapa? Karena pada akhirnya sasaran inilah yang akan mengambil manfaat dari dilaksankan  PJJ kita itu. Oleh karena itu, maka dari itu, PJJ  harus ada tujuannya yang jelas agar sasaran didiknya tidak takut mengikuti PJJ.

> Karakterisktik Media yang diambil PJJ
     Kita tidak akan dapat memilih media dengan baik jika kita tidak mengenal dengan baik karakteristik masing-masing media. Karena kegiatan memilih pada dasarnya adalah kegiatan membandingkan satu sama lain, mana yang lebih baik dan lebih sesuai dibanding yang lain. Oleh karena itu, sebelum menentukan jenis media tertentu, kita memiliki Tujuan dan sasaran didik yang jelas ,akan dapat tersedia media yang diperlukan dan baik buat sasaran didik atau peserta didik.


> Waktu dilaksankannya PJJ dalam mengajar
   Yang dimaksud waktu di sini adalah berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengadakan atau melaksanakan PJJ yang akan kita laksankan, serta berapa lama waktu yang tersedia / yang kita memiliki dalam mengikuti ujian PJJ.

> Biaya pada saat dilaksankan PJJ
  Mungkin saat  ini  bagi saya tidak  ada biaya yang dikeluarkan, akan tetapi jika pada daerah yang terpencil akan memnggunakan modem,,,memerlukan biaya untuk bisa mengikuti PJJ.

> Ketersediaan  dalam melaksankan PJJ
  Dalam PJJ kita harus menyediakan Media yang lengkap, dan seperti didaerah terpencil adlah modem untuk mngaktifkan internet dan juga jaringannya.

> Konteks penggunaan
  Konteks penggunaan maksudnya adalah dalam kondisi dan strategi bagaimana PJJ tersebut akan digunakan. Misalnya: apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau masal ? Dalam hal ini kita perlu merencanakan strategi pembelajaran secara keseluruhan yang akan kita gunakan dalam proses pembelajaran, sehingga tergambar kapan dan bagaimana konteks penggunaaan media  dalam PJJ tersebut dalam pembelajaran.

> Mutu teknis
   Kriteria ini terutama untuk memilih/membeli media melaksankan PJJ  siap pakai yang telah ada, misalnya program audio, video, garafis atau media cetak lain akses dan jaringan internet. Bagaimana mutu teknis media tersebut, apakah visualnya jelas, menarik dan cocok ? Apakah suaranya jelas dan enak didengar ? Jangan sampai hanya karena keinginan kita untuk menggunakan media saja, lantas media yang kurang bermutu kita paksakan penggunaannya. Perlu diinggat bahwa jika program media itu hanya menjajikan sesuatu yang sebenarnya bisa dilakukan oleh guru dengan lebih baik, maka media itu tidak perlu lagi kita gunakan.

         Answer No. 3
 3. Menurut saya adalah :

*Pelayanan dosen mungkin berkurang
    Karena pasti dalam PJJ dosen akan kurang tatap muka, walaupun asistennya dosen ada.

*Asistennya memenuhi
  Yang maksudnya  adalah asisten harus lebih bermutu dan lebih kuat menhadapi  
  mahasiswa yang banyak ,        

*Ketersediaan media dan asisten
   Dosen harus dapat menyediakan asisten yang pintar, dan media yang lengkap,,,,jelas,

*Dosen juga harus lebih berinteraksi Karen interaksi ini lah yang harus ada pada dosen,

*Harus  memberikan  materi yang sesuai dengan dalam Melaksanakan PJJ.

*Dosen harus lebih tegas walaupun kurang bertatap muka

*Dosen harus lebih jelas,jangan dosen yang mementingkan dirinya saja ,,tetapi               mementingkan dirii mahasiswa

*Tidak  mendapatkan dosen yang bersifat jelek,

*Dosen harus lebih lengkap memberikan terik pada asistennya yang bermutu.






Sitti  Halimah'tu Sa'dyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar