Kamis, 10 April 2014

TugasS.H.s48_Topik 3

















Tugas  Topik 3,,,,!!!!!


Assalamu  alaikum Wr.Wb


Nama  :  “ Sitti  Halimah’tu  Sa’dyah “
Assigement  : “ Topik 3 “
From  :  “ Mrs. Timbul  Partdede “


Question,,!!!!!

       Tujuh kriteria dalam memilih media dikenal dengan istilah “ACTIONS” (hal 14 Topik-3).Dapat dipastikan dalam pemilihan media berdasarkan ke-7 kriteria tersebut dimungkinkan ada kendala atau masalah dalam implementasi-nya. Jelaskan solusi atau saran dari kendala masing-masing kriteria bils diterapkan…!!!!!!!





 Answer,,,!!!!!

   Menurut   Saya  Sitti  Halimah’tu  Sa’dyah

   Menurut   saya  ,,,,yang  telah  kita  ketahui  dari  7  kriteria  yang dijadikan pedoman dalam memilih media (ACTIONS),,,,

1. Acces  ( assibilitas )
Maksud dari akses terhadap media adalah adanya ketersediaan dan kemudahan memperoleh atau menggunakan media. Akses terhadap media ini harus dilihat dari dua sisi, yaitu:
·         sisi institusi penyelenggara PJJ dan
·         sisi peserta didik/calon peserta didik.
               Dalam PJJ seberapapun pentingnya bahan ajar yang akan disampaikan, dan betapapun baiknya teknik penyampaiannya, akan menjadi sia-sia apabila peserta didik tidak dapat menerimanya, hanya karena mereka tidak mempunyai akses terhadap media yang membawa bahan ajar tersebut. Akses terhadap penggunaan media oleh institusi PJJ juga menjadi pertimbangan dalam pemilihan media. Pengertia akses disini adalah ketersediaan sarana yang mendukung pengembangan maupun penggunaan media tertentu, baik yang berasal dari dalam dan luar institusi penyelenggara PJJ.




2.  Cost  ( Biaya )
           Dalam menentukan pilihan mengenai media apa yang akan digunakan dalam PJJ, faktor biaya merupakan faktor yang tidak bisa dihindarkan. Banyak orang berpikir bahwa PJJ berarti penyelenggaraan pendidikan dengan biaya murah, hal ini bisa saja benar tetapi bisa juga tidak. Murah tidaknya penyelenggaraan PJJ tergantung pada media apa yang digunakan dan berapa banyak jumlah peserta didiknya.
 

3.  Teaching and Learning (proses dosenan dan pembelajaran)

          Maksud dari proses dosenan dan pembelajaran adalah seajuh mana sebuah media mampu membantu proses belajar mengajar, sehingga bisa diketahui media apa yang akan digunakan dalam proses pembelajaran tersebut. Sehingga tidak ada media yang tersedia menjadi sia-sia, karena tidak dipergunakan atau tidak dapat membantu proses


4.  Interactivity (interaktifitas/komunikasi dua arah)

      Komunikasi dua arah ini biasanya menggunakan media elektronik orang menyebutnya tutorial elektronik. Akan tetapi penyelenggara PJJ harus mempertimbangkan kesulitan-kesulitan yang ada dalam komunikasi dua arah ini. Sejauh mana sebuah media mampu memberikan komunikasi dua arah dengan memahaminya sehingga bisa terjadi proses belajar mengajar.



5.  Organisational Issues (permasalahan organisasi)

            Hal penting yang sangat berpengaruh dalam pemilihan media untuk pembelajaran adalah permasalahan yang ada dalam organisasi, maksudnya bila penyelenggara PJJ akan menggunakan sebuah media dalam pembelajaran harus mendapatkan dukungan dari semua unsur yang ada di organisasi tersebut. Karena sebuah media akan sia-sia jika tidak ada yang bisa mengoperasikannya.

6.  Novelty (kemutakhiran)

       Media yang akan dipakai sebagai media pembelajaran dianjurkan yang benar-benar mutakhir. Di samping itu media pembelajaran juga harus bisa membuat peserta didik menjadi termotivasi untuk belajar. Keadaan ini bisa terjadi jika media yang digunakan menarik untuk dipakai peserta didik.


7.  Speed (kecepatan)

       Faktor terakhir yang sangat berperan dalam pemilihan sebuah media adalah faktor kecepatan, maksudnya secanggih apapun media yang dipakai jika penyampaian informasinya lambat, maka informasi tersebut akan tidak berarti. Jadi dalam memilih media pembelajaran penyelenggara PJJ harus bisa memilih media yang mempunyai kecepatan dalam penyampaian informasi
Dari  semua  yang saya  baca  dari materi bapak,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!
Menurut  saya  ,,yang dapat  digunakan  yaitu  kesalahan dalam pemilihan media lebih sering dikarenakan ketidaktahuan kita akan keadaan daerah ataupun peserta didik yang akan mengikuti pembelajaran PJJ. Jika memang pemilihan media berdasarkan ACTIONS tersebut maka solusi yang paling tepat menurut saya adalah melakukan survey lapangan terlebih dahulu sebelum menentukan media yang akan digunakan. Dan untuk survey lapangan, dibutuhkan ketujuh kriteria tersebut. Suatu kriteria tidak akan bisa dijadikan pedoman tanpa mempertimbangkan kriteria lain.
      Dari itu,,kita akan harus melakukan  survey  terlebih dahulu, karena  jika tidaka dilakukan survey  maka peserta didik  akan kebingungan,,,berapa yang harus dikeluarkan. Begitu lah pentingnya survey, agar kita tahu segalanya,,,dan juga pesrta didik tidak akan merasa kebingungan,,dan peserta didik akan merasa nyaman. Dalam  mealkukan PJJ kita tergantung dari media yang digunakan oleh pserta didik yang untuk melaksanakan PJJ. Nah, Jika tidak dilakukan survey  Hal ini akan membebani peserta didik yang di kemudian hari baru diketahui jika dia berasal dari keluarga yang kurang mampu. Selain biaya, kita juga harus melakukan survey terhadap kriteria – kriteria lainnya.
        Jadi  semua criteria tersebut sangat  penting,,,karena jika  salah  satu  criteria  tersebuit  tidak   dilakukan,  akan  terjadi  suatu kegagglan disamping  itu  PJJ  mungkin  akan  tidak  terlaksana. Seandainya   Cost (biaya) tidak dilakukan maka akan terkendala terlaksanannya,,semuan ya itu  butuh biaya untuk melakukannnya seperti ases jika tidak dilakukan,,,PJJ tidak akan bisa berjalan dan tidak akn adanya ketersediaan dan tidak memperoleh atau tidak menggunakan  media yang  sangat diperlukan oleh PJJ.  Sedangkan yang telah kita ketahui juga,,seperti : Teaching and Learning (proses dosenan dan pembelajaran)  itu juga sangat  diperlukan jika tidak ada DOSEN dan PEMBELAJARAN ,,,gamana nasib Peserta didik, mereka akan hanya percuma mengeluarkan biaya banyak , tidak dapat apa-apa dari itu, percuma juga peserta didik melaksanakan PJJ  kalau tidak ada dosen karena dosen juga sangat pennting dari sebelumnya itu.  Interactivity (interaktifitas/komunikasi dua arah)  jadi dalam PJJ juga ini sangat dipentingkan karena jika tidak ada  komunikasi dua arah,,,hanya satu arah dilakukan,,PJJ tidak akan terlaksana,,akan terkendala, PJJ juga  harus  mendapatkan dukungan media,karena  PJJ sangat membutuhkan dukungan dalam media,,,akan semua sia-sia jika tidak  ada yang mengoperasikan ,,,PJJ juga  harus  membuat peserta didik  tertarik dengan  trelaksanannya PJJ ini,,,,dan juga tidak mersakan  kesusahan dalam melaksanakan PJJ,,,dalam PJJ juga tidak harus media yang saangat mahal karena jika mahal tetapi kecepatannya tidak mendukung dalam saat PJJ,,,semuanya itu memrlukan survey,


        SARAN Sitti  Halimah’tu  Sa’dyah”  !!!!!!!!

“ Maka dari itu  saya tidak memilih salah satunya,,menurut saya  semuany penting tidak dapat dipisahkan,,,jika itu terjadi akan ad kegagalan yang terjadi dalam PJJ”

“ 7 kriteria  dan PJJ ini seperti IBU dan ANAKNYA,,Tidak dapat dipisahkan”,,,,
SALAM SEMANGAT S.H.s48

>>>>>Salam tim<<<<<




Tidak ada komentar:

Posting Komentar